Selamat Datang di Website FMPP Kabupaten Brebes

FMPP 11 Desa di Kecamatan Larangan Terbentuk

LARANGAN- Untuk menekan angka anak putus sekolah yang tinggi, maka Bappeda menginisiasi pembentukan Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP), baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan beberapa desa terpilih sebagai contoh model. Sabtu (21/05/2016).

Pembentukan di Kecamatan Larangan sebanyak 11 desa yakni Karangbale, Luwunggede, Kedungbokor, Rengaspendawa, Kamal, Pamulihan, Wlahar, Slatri, Sitanggal, Siandong, Larangan.
FMPP Desa Larangan Terbentuk Untuk Wadah Gerakan Kembali Bersekolah

Kepala Bidang Pemerintahan Sosial dan Budaya (Pemsosbud) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Khaerul Abidin, mengatakan rata-rata lama sekolah di Brebes hanya 6,07 tahun. Artinya, rata-rata penduduk di Brebes hanya lulus hingga sekolah dasar.

“Hal ini yang mendorong pemerintah untuk melakukan hal yang konkret yakni memfasilitasi pembentukan FMPP di 55 desa di empat kecamatan. FMPP tersebut akan mendorong program gerakan kembali sekolah. Lembaga tersebut merangkul semua elemen masyarakat di antaranya tokoh agama dan stakeholder yang ada,” kata Khaerul usai pembentukan FMPP, Sabtu (21/5/2106), di Desa Siandong, Kecamatan Larangan, Brebes.

Selain itu, kata Kherul, akan mencari sumber dana baik dari Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan maupun para dermawan yang ada di Brebes untuk membantu anak-anak di Brebes yang mau kembali bersekolah.

Berdasarkan data SIPBM di empat kecamatan, yakni Kecamatan Larangan, Songgom, Bumiayu dan Bulakamba, terdapat kurang lebih 3000 anak putus sekolah di berbagai jenjang pendidikan. Belum mengitung di 13 kecamatan lain di luar SIPBM.

“Kita akan tumbuhkan semangat untuk bersekolah. Kami tidak ingin hanya karena masalah seragam dan lainnya anak -anak kita putus sekolah,” kata Khaerul.

Hal senada disampaikan FMPP Kecamatan Larangan, Marzuki, mengaku ribuan anak putus sekolah akibat kesulitan ekonomi orang tuanya. “Bahkan seribu anak tercatat sebagai pekerja anak di berbagai sektor. Maka dari itu kami berharap dengan pembentukan FMPP ini akan mengurangi tingkat putus sekolah, sehingga mereka bisa melanjutkannya ke jenjang selanjutnya,” pungkasnya. (Kunt/LH)
Share this post :

Posting Komentar

DOWNLOAD SK FMPP KECAMATAN

DOWNLOAD SK FMPP DESA

FANPAGE

PENGUNJUNG

 
Support : FMPP Kabupaten Brebes | CBM News | Pena Ulum
Copyright © 2017. Gerakan Kembali Bersekolah - All Rights Reserved
Template by FMPP Brebes Modified by FMPP Brebes
Proudly powered by FMPP Kabupaten Brebes