Selamat Datang di Website FMPP Kabupaten Brebes

Desa Cenang Inisiasi Bentuk PKBM


Songgom (fmppbrebes.id)- Untuk mengatasi masalah anak putus sekolah dan mereka yang ingin belajar karena tidak melanjutkan pendidikan formal, Desa Cenang Kecamatan Songgom merencanakan pembentukan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Demikian disampaikan  Sekretaris Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Desa Cenang Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes, Imam Fathurrozi (24), Jum’at (16/06).
Pembentukan PKBM, kata Imam, adalah solusi untuk mngatasi anak tidak sekolah karena putus Sekolah atau pun lulus tidak lanjut.

“ Dengan di bentuknya PKBM harapannya bisa mengadakan program pengentasan buta aksara dan kelompok Belajar paket A, B dan C atau pun kegiatan ketrampilan yang dapat meningkatkan SDM,” katanya.

Lanjut Imam, PKBM adalah lembaga non formal yang dibentuk oleh masyarakat dalam bidang pendidikan. PKBM ini bisa berupa tingkat desa ataupun kecamatan, untuk mendirikannya bisa dari unsur apapun oleh siapapun yang tentunya telah memenuhi syarat-syarat kelembagaan.

Hal senada juga dikatakan Kepala Desa Cenang Imam Rifai terkait pembentukan PKBM , diharapkan dengan adanya data Sistem Informasi Pendidikan Berbasis Masyarakat (SIPBM) dengan jumlah anak tidak sekolah signifikan perlu dibuatkan lembaga untuk dengan cepat menangani masalah tersebut.

“ Saya optimis kalau semua pegiat di FMPP Desa komitmen dan masyarakat diajak untuk bersama-sama peduli pendidikan serta lingkungan mendukung dalam jangka waktu 3 – 4 tahun ke depan angka putus sekolah bisa dituntaskan,”ujarnya­.

Ia menambahkan, harapannya dengan adanya PKBM penanganan anak tidak sekolah bisa lebih mudah dan terjangkau.

“ Semoga niat baik FMPP mendapat support juga dari Dinas terkait dan bisa memberi solusi atau terobosan utk suksesnya wajar pendidikan 9 tahun,” pungkasnya.(WNA)
Share this post :

Posting Komentar

DOWNLOAD SK FMPP KECAMATAN

DOWNLOAD SK FMPP DESA

FANPAGE

PENGUNJUNG

 
Support : FMPP Kabupaten Brebes | CBM News | Pena Ulum
Copyright © 2017. Gerakan Kembali Bersekolah - All Rights Reserved
Template by FMPP Brebes Modified by FMPP Brebes
Proudly powered by FMPP Kabupaten Brebes